Rabu, 25 Januari 2012

IPTEK dalam Kehidupan Manusia

Sains dan Teknologi adalah karya yang dilahirkan oleh manusia.Maka tanpa adanya manusia kedua karya tersebut juga tidak akan ada.Perkembangan IPTEK telah membawa kemajuan dan kemudahan serta perubahan pada kehidupan manusia. Berbagai manfaan dapat terasa pada era sekarang ini dimana semua parlahan baeralih dari sesuatu yang sederhana menjadi sesuatu yang lebih modern.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

Mengembangkan nilai-nilai dan budaya iptek pada dasarnya adalah melakukan transformasi dari masyarakat berbudaya tradisional menjadi masyarakat yang berfikir analitis kritis dan berketerampilan iptek dengan tetap menjunjung dang memelihara nilai-nilai agama,keimanan,ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,serta nilai-nilai luhur budaya bangsa.Manusia sebagai makhluk yang berakal budi tidak henti-hentinya mengembangkan pengetahuannya. Akibatnya teknologi berkembang sangat cepat dan tidak terbendung. Kemajuan teknologi tersebut bila tidak disertai dengan nilai etika akan menghancurkan hidup manusia sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar